Jumat, 23 Desember 2011

Perencanaan Strategis SIstem Informasi


Artikel yang saya tulis kali ini, masih berhubungan dengan Sistem Informasi. Sistem Informasi di era globalisasi ini menjadi hal yang sangat penting dan cakupannya menjadi sangat luas. Informasi yang diolah atau dikelola dengan menggunakan teknologi, itulah arti sempit dari sistem informasi.

Di semester 6 kemarin, saya mengambil kuliah yang namanya Perencanaan Strategis Sistem Informasi (PSSI). Matakuliah PSSI ini mempelajari tentang bagaimana cara membuat perencanaan sistem informasi yang baik dengan menggunakan metode dan aturan tertentu sehingga dapat berhasil ketika diterapkan. Di sini saya akan membahas tentang Perencanaan Strategis Sistem Informasi serta beberapa metode-metode yang dapat digunakan.

Terdapat beberapa definisi mengenai Perencanaan Strategis Sistem Informasi berdasarkan para ahli :

“Proses untuk mengidentifikasi sejumlah portofolio solusi sistem dan teknologi informasi (computer-based application & solution) untuk mendukung organisasimencapai rencana bisnis dan tujuan bisnisnya” 
-Lederer & Gardiner 1992-

“Proses untuk sistem aplikasi yang dapat mendukung dan mengembangkan strategi organisasi, serta menyediakan framework untuk mengimplementasikan sistem ini secara efektif”  
-Fidler & Rogerson, 1996-

Jadi dapat disimpulkan bahwa Perencanaan Strategi Sistem Informasi adalah suatu proses untuk menyusun perencanaan untuk penggunaan dan implementasi sistem dan teknologi informasi secara komprehensif pada suatu organisasi/ enterprise yang sejalan (aligned) dengan strategi bisnis organisasi/ enterprise untuk mendukung pencapaian tujuan (goals) organisasi secara efektif dan efisien.

Metode-Metode Perencanaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi :
1.        Business System Planning (BSP)
BSP merupakan satu metoda perancangan strategi sistem informasi yang mengkombinasikan antara pendekatan top down dan pendekatan bottom up. Metode inid ikembangkan oleh IBM pada tahun 1980.
Proses Utama pada BSP :
·         Penentuan Tujuan Bisnis Perusahaan (Business Objective)
·         Penentuan Bisnis Proses
·         Penentuan Data-Data Kelas
·         Penentuan Arsitektur Informasi Perusahaan
Dalam metoda BSP, untuk dapat menentukan proses bisnis dalam suatu organisasi, terlebih dahulu kita harus memahami siklus hidup sumber daya yang terdapat dalam organisasi tersebut.
Tahap 1 : Requirements, Planning, Measurement and Control
Tahap 2 : Acquisition and Implementation
Tahap 3 : Stewardship
Tahap 4 : Retirement or Disposition

2.        Four-Stage Model
Four-stage model merupakan salah satu metoda yang digunakan dalam perencanaan teknologi /sistem informasi. Model ini bertujuan untuk mengidentifikasi proyek sistem
informasi yang akan dibangun dan mengidentifikasi kebutuhan sumber daya sehingga
mendukung pencapaian tujuan organisasi.
Four-stage model terdiri dari empat tahap/ aktivitas utama , yakni :
Tahap 1 : Perencanaan informasi strategis
Tahap 2 : Analisa kebutuhan informasi
Tahap 3 : Alokasi sumber daya
Tahap 4 : Perencanaan proyek

3.        Information Engineering Technology (IEM)
IEM merupakan sekumpulan teknik-teknik formal yang saling terkait dimana model perusahaan bisnis, model data, dan model prosesnya dibangun berdasarkan pengetahuan yang dapat dipahami dan digunakan untuk membuat dan mengatur sistem pemrosesan data. IEM dikembangkan oleh James Martin pada tahun 1970 dan digunakan pertama kali pada saat ia bekerja di Institut Perancangan Sistem IBM.
IEM memungkinkan Departemen Sistem Informasi (IS) untuk menyusun tujuan-tujuannya bersamaan dengan strategi-strategi perusahaan/ organisasi. Sebagai timbal balik, pencapaian tujuan-tujuan IS turut mendukung kesuksesan rekayasa ulang bisnis. Tahapan perancangan dan pembangunan dapat diautomasi oleh alat bantu.
CASE (Computer Aided Software Engineering)  =>  IE Workbench
IEM terdiri dari empat tahap/ aktivitas utama, yakni :
Tahap 1 : Perencanaan Strategis Informasi
Tahap 2 : Analisis Area Bisnis
Tahap 3 :Perancangan Sistem
Tahap 4 : Pembangunan / Konstruksi

6 komentar:

icaica mengatakan...

hai kak tara,terimakasih ya share informasinya, sangat membantu saya :)
salam kenal

bodi unskill mengatakan...

teh aya boleh kah saya tau untuk mendapatkan referensi BSP (bisnis sistem plan) dimana ya??

Just Orange mengatakan...

thank banget kk, sangat membantu sharenya... :))

Jenny mengatakan...

Dear Bu Tara,

Apa kelebihan dan kekurangan dari kerangka pikir tersebut? Bagaimana dengan kerangka pikir dari ward & peppard? atau Tozer? atau Blue Ocean Strategy?

Makasih..

NangNang Huda mengatakan...

terima kasih sekali Kak , postingan nya sangat membantu

Unknown mengatakan...

Untuk referensi Business System Planning bisa cari Buku Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi dengan penulis Kridanto Surendro

Posting Komentar

Welcome

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Foto Saya
Tara Lukita Wardhani
Halo teman-teman, saya Tara Lukita Wardhani, 21 tahun, biasa di panggil Tara atau Aya. Saya adalah mahasiswi Institut Teknologi Telkom Bandung Jurusan Sistem Informasi. Selamat datang di blog saya. Semoga apa yang saya tulis di sini bisa bermanfaat buat teman-teman semua. Enjoy reading :)
Lihat profil lengkapku
 
Copyright (c) 2010 Tara Lukita Wardhani and Powered by Blogger.