Jumat, 23 Desember 2011

Apa itu SAP ?

Halo teman-teman, berhubung 1 bulan yang lalu saya baru ikut pelatihan dan sertifikasi SAP, sekarang saya mau bagi-bagi sedikit informasi nih tentang apa itu SAP.

SAP adalah aplikasi ERP terbesar di dunia yang dikembangkan oleh perusahaan SAP AG sebagai perusahaan penyedia dan konsultan software yang didirikan di Jerman pada tahun 1972 oleh 5 orang bekas karyawan IBM yaitu Hasso Plattner, Dietmar Hopp, Claus Wellenreuther, Klaus Tschira, dan Hans-Werner Hektor. SAP sendiri adalah singkatan dari Systeme, Andwendungen, Produkte in der Datenverarbeitung atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa inggris menjadi Systems, Aplications, Products in Data Processing.

Pada 7 tahun awal berdirinya, SAP hanya digunakan sekitar 50 perusahaan di 2 negara, tetapi data yang tercatat hingga tahun 2004, pengguna SAP sudah mencapai 26.150 perusahaan di lebih dari 120 negara. Seiring dengan berjalannya waktu, SAP berkembang dengan sangat pesat. Perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan SAP antara lain : Coca-Cola, Siemens, Sony, Honda, Nestle, Aqua, Telkom, Bank Mandiri, Bluebird, Pertamina, dan masih banyak lagi.

Saat ini SAP tersedia dalam berbagai versi yang spesifik, misalnya 46 versi spesifik untuk berbagai kondisi di Negara-negara tertentu dan 25 versi spesifik industry tertentu. Sistem ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur bahasa. Aplikasi SAP terdiri atas sekitar 10.000 tabel yang digunakan untuk mengendalikan proses-proses yang berjalan dalam perusahaan. Tabel-tabel ini dapat dikonfigurasi agar sesuai dengan kebutuhan.

Produk-Produk SAP :
·         SAP Enterprise Core, yang merupakan solusi aplikasi ERP
·         SAP Business Suite, yang merupakan paket solusi aplikasi e-bisnis
·         SAP CRM (Customer Relationship Management)
·         SAP SCM (Supply Chain Management)
·         SAP SRM (Supplier Relationship Management)
·         SAP PLM (Product Lifecycle Management)
Berbagai produk tambahan yang disediakan SAP dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus pada segmen indutsri tertentu atau area fungsional tertentu dalam perusahaan. Beberapa paket tersebut, diantaranya :
·         mySAP Business Suite
·         SAP xApps
·         SAP Manufacturing
·         SAP Service and Asset Management
·         SAP Solution for Mobile Business
·         SAP Analytics
Pengguna SAP kebanyakan adalah perusahaan menengah ke besar, dengan 80% merupakan pengguna paket SAP ERP dan 20% sisanya menggunakan solusi SAP lainnya.Untuk pasar ERP, SAP merupakan pemimpin pasar (market leader) di seluruh dunia dengan penguasaan pasar lebih dari 65%. SAP kini juga menyediakan paket solusi ERP untuk perusahaan kecil menengah, yaitu SAP Business One dan SAP All-in-One.

Modul-Modul SAP :
Modul yang terdapat dalam SAP ERP, diantaranya adalah :
·         Logistic : Procurement, Sales Order Management, Production
·         Financial : Accounting Foundation, Financial Accounting, Management Accounting
·         Human Capital Management



0 komentar:

Posting Komentar

Welcome

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Foto Saya
Tara Lukita Wardhani
Halo teman-teman, saya Tara Lukita Wardhani, 21 tahun, biasa di panggil Tara atau Aya. Saya adalah mahasiswi Institut Teknologi Telkom Bandung Jurusan Sistem Informasi. Selamat datang di blog saya. Semoga apa yang saya tulis di sini bisa bermanfaat buat teman-teman semua. Enjoy reading :)
Lihat profil lengkapku
 
Copyright (c) 2010 Tara Lukita Wardhani and Powered by Blogger.