Kamis, 22 Desember 2011

Sistem Informasi Management


Setelah sebelumnya saya membahas tentang apa itu sistem informasi. Sekarang saya akan membahas lebih jauh lagi tentang sistem informasi. Di sini, saya akan memberikan pembahasan tentang salah satu jenis dari sistem informasi yaitu Sistem Informasi Managemen. Sebelumnya sudah tahukah Anda apa itu Sistem Informasi Managemen? Tahukah Anda seberapa penting Informasi Managemen dalam suatu perusahaan?

Telah saya bahas sebelumnya bahwa Sistem Informasi adalah adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan. Sedangkan managemen sendiri dapat digambarkan sebagai suatu proses dan sebagai suatu subyek. Pengertian managemen sebagai suatu proses yaitu managemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan yang sama. Sedangkan managemen sebagai suatu  subyek yaitu managemen adalah sekelompok orang yang melaksanakan kegiatan tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem informasi managemen adalah jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem (terintegrasi) dengan tujuan memberikan informasi (yang bersifat intern dan ekstern) kepada manajemen, sebagai dasar pengambilan keputusan.

Sistem Informasi Managemen ini perlu diketahui karena beberapa alasan, diantaranya adalah dengan semakin meningkatnya ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang computer, serta kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat (pengaruh ekonomi internasional, persaingan dunia, kompleksitas teknologi yang semakin meningkat, batas waktu yang singkat, dan kendala-kendala social).

Fungsi / Manfaat Sistem Informasi Managemen :
Supaya informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajamen, maka analis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, yaitu dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat (level) manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya. Berdasarkan pada pengertian-pengertian di atas, maka terlihat bahwa tujuan dibentuknya Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik yang meyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis. Sehingga SIM adalah suatu sistem yang menyediakan kepada pengelola organisasi data maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi.
Beberapa manfaat atau fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut :
1.     Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2.      Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3.      Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4.      Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5.      Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6.  Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
7.      Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
8.      Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
9.  Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Welcome

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Foto Saya
Tara Lukita Wardhani
Halo teman-teman, saya Tara Lukita Wardhani, 21 tahun, biasa di panggil Tara atau Aya. Saya adalah mahasiswi Institut Teknologi Telkom Bandung Jurusan Sistem Informasi. Selamat datang di blog saya. Semoga apa yang saya tulis di sini bisa bermanfaat buat teman-teman semua. Enjoy reading :)
Lihat profil lengkapku
 
Copyright (c) 2010 Tara Lukita Wardhani and Powered by Blogger.